Kenapa Harga Batu Ijo Garut Super Mahal ?

Share this history on :
Banyak teman-teman yang menanyakan kenapa batu ijo garut sangat mahal ? karena tidak di jual murah , atau si penjual menginginkan keuntungan besar , yang pasti bukan itu jawabannya.
Bagi para suhu mungkin tidaklah heran atau terkejut saat mendengar harga jual batu ijo garut yang super mahal, tapi bagi rekan-rekan yang baru terjun kedalam dunia batu mungkin akan geleng-geleng kepal saat mendengar harga batu ijo garut super yang sangat mahal.
Di Kecamatan Bungbulang sendiri sebagai penghasil batu ijo garut super dibandrol dengan kisaran harga antara 3 – 9 Juta Rupiah untuk ukuran cicin standar, harga tersebut merukapan harga pasaran umum di Kec. Bungbulang. Lantas Kenapa ada yang jual batu ijo garut dengan harga murah? ya memang benar ada beberapa penjual yang memberikan harga sangat murah namun anda harus benar-benar teliti sebelum membelinya, sebaiknya diperiksa dulu ke lab untuk di cek keasliannya, saat ini banyak beredar batu-batu sintetis dan imitasi. untuk membedakan batu imitasi dengan natural cukup mudah bisa dilihat secara kasat mata, namun untuk mebedakan antara sintetis dan natural sebaiknya tanya kepada orang yang benar-benar ahli dalam bidang gemologis.

nah berikut adalah beberapa alasan batu ijo garut super mahal, diantaranya :
  1. Batu Ijo Garut Super sangat langka , kenapa dikatakan langka ? karena proses untuk mendapatkan rough batu ijo super memerlukan waktu yang cukup lama seperti pada proses penggalian yang memakan waktu hingga  2 s.d 3 tahun, dari 1 x penggalian hanya menghasilkan rough puluhan kilo saja, sementara dari rough puluhan kilo tersebut hanya menghasilkan 3-5 kg Ijo Garut kualitas super.
  2. Besarnya biaya operasional penggalian, untuk satu lokasi galian biasanya dikerjakan antara 4 – 5 orang secara bergiliran, dengan kurun waktu yang cukup lama tentu memakan biaya yang tidak sedikit seperti untuk biaya pembelian alat – alat seperti pahat, palu dan perkakas pendukung lainnya, kerasnya batuan saat penggalian membuat para penggali kesulitan dan menghabiskan beberapa pahat.
  3. Banyak diburu WNA seperti dari negara Taiwan, Korea, dan China, mereka rela datang langsung ke lokasi bungbulang, tidak sedikit dari para pendatang yang sengaja menuju bungbulang dengan harapan bisa mendapatkan batu ijo garut kualitas super namum terlebih dahulu harus berhadapan dengan para pemburu kolektor lokal baik dari jakarta maupun sulawesi, sehingga sering kali terjadi lelang di tempat dengan harga bid yang sangat tinggi.
  4. Kualitas Batu yang sudah teruji diantarnya memiliki tingkat kekerasan pada mineral  skala Mohs Topaz dengan kandungan kristal chrysoprase, Menurut kabar dari beberapa ahli gemologis di indonesia jenis batu ini hanya dihasilkan dari daerah garut yaitu tepatnya Kec. Bungbulang.
Mungkin itu beberapa alasan kenapa batu ijo Garut super mahal. Semoga bermanfaat
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : bambang@caraunik.com
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...