7 Cara Bikin Matamu Sehat dan Cemerlang

Share this history on :
Mata adalah jendela dunia, tanpa mata, kamu nggak akan bisa melihat indahnya dunia ini dengan segala isinya. Karena mata merupakan anggota tubuh yang sangat penting, kamu wajib banget buat selalu menjaga kesehatan mata. Hal-hal kecil yang biasa kamu lakukan bisa jadi malah merusak matamu secara nggak langsung lho, Gladis. Untuk membuat matamu selalu sehat dan cemerlang, yuk ikuti tips berikut ini.

1. Jangan Baca Buku Sambil Tiduran

Baca buku sambil tidur-tiduran kayaknya udah jadi kegiatan yang sering kita lakukan, karena dengan posisi tidur, baca buku terasa jadi lebih rileks. Padahal kamu harus tahu kalau membaca buku dalam posisi tiduran itu bisa membuat kesehatan mata jadi terganggu lho. 

2. Selalu Istirahatkan Mata

Untuk karyawan yang bekerja di depan komputer pasti pernah merasakan mata menjadi mudah lelah, maka dari itu, sebaiknya pakai aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit mata menatap komputer, kamu harus istirahat selama 20 detik dengan melihat obyek yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter).

3. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Menggunakan lensa kontak mungkin lebih nyaman daripada kacamata, tapi perlu diingat kalau kamu harus menghindari penggunaan lensa kontak lebih dari 19 jam, karena bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Menggunakan obat tetes mata agar mata nggak kering boleh saja sih, tapi juga nggak boleh banyak-banyak ya. 

4. Jangan Kucek Mata

Kalau mata terasa gatal atau kemasukan sesuatu yang menganggu, sebaiknya jangan buru-buru menguceknya ya. Tangan yang kotor bisa membuat mata jadi infeksi dan akan berakibat buruk. 

5. Konsumsi Makanan untuk Mata

Kamu pasti tahu kalau wortel merupakan makanan paling baik untuk kesehatan mata. Tapi apakah kamu udah rajin mengonsumsi wortel? Wortel kaya akan beta karoten dan akan sangat membantu menjaga kesehatan mata. Selain wortel, kamu juga bisa mengonsumsi alpukat, brokoli, telur, bayam, kol, tomat, bawang putih, dan juga ikan salmon.

6. Rutin Olahraga

Gladis, olahraga memang banyak banget manfaatnya, termasu dapat menurunkan ketegangan di mata dan mengurangi resiko glaukoma. Olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin cukup banyak kok jenisnya, yang paling mudah dilakukan misalnya jogging, aerobik, dan lain-lain. 

7. Periksa Mata Secara Rutin

Periksa mata ke dokter spesialis nggak menakutkan kok, malah kamu jadi lebih tenang kalau matamu baik-baik saja. Jika ada keluhan, itu pun bisa langsung diatasi. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, kamu jadi bisa mengerti apa yang harus kamu lakukan untuk matamu. 



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : bambang@caraunik.com
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...