Menjaga Warna Batu Pirus

Share this history on :



Batu pirus adalah jenis batu yang mempunyai tingkat kekerasan dibawah 6 skala mohs. Umumnya batu tersebut mempunyai serat emas dan perak, namun kadang ada juga yang bercampur antara emas dan perak.
Batu pirus yang bagus berasal dari persia, warna biru yang terang dan hidup dibalut serat emas yang menawan. Namun yang paling bagus tentunya ada treatment khusus agar batu selalu terlihat indah.
Seperti gambar





Batu permata pirus (turquise) terdiri dari susunan kimia: aluminium, phosphorzuur, air, tembaga, dan besi. Batu turquise ini di Indonesia lebih terkenal dengan nama batu pirus. ada dua macam batu pirus, yaitu keluaran Timur dan Keluaran Barat.
Sebutan Turquise atau turkoois katanya berasal dari perkataan Turki, negeri yang zaman dulu sering kali mengekspor batu itu ke negara-negara lain. umumnya, batu-batu pirus yang mahal ini keluaran negara-negara timur, misalnya persia. Bahkan bangsa barat mengenal lebih mendalam mengenai bau ini, akibat prajurit-prajurit Macedonia yang merampas batu-batu ini dari persia di bawa dan di jual di yunani (griekland)
Batu ini tidak bening, kebanyakan warnanya hijau. Sebenarnya yang bermutu tinggi warnanya biru. ada juga yang berwarna ungu, agak putih-hijau dengan retak-retak seperti pecah. sebenarnya retakan ini merupakan urat emas, pirus daun, dan sebagainya.


Batu pirus cepat terasa panas, asam, mudah dipengaruhi zat cair yang menggigit. Dengan demikian harus di jauhkan dari sesuatu yang dapat merusak mutu batu itu. Sifat lain dari batu pirus, yaitu tidak tahan terhadap tekanan dan sentuhan. Batu ini harus di jaga jangan sampai jatuh. menurut orang yang mengerti, batu pirus ini sangat peka rasa terhadap bau-bauan. batu pirus yang baik dapat menerima dan menyimpan bau-bauan itu lama sekali, baik itu perbuatan baik maupun untuk kejelekan.
Pecahan batu pirus jangan di buang-buang secara sembarangan. kumpulkan pecahan-pecahan itu dan tanam dalam tanah, supaya bisa jadi batu pirus yang utuh lagi.
Berikut ini cara untuk menjaga warna batu pirus.
  • Sering-sering mengolesi batu dengan minyak bayi agar warna menjadi hidup
  • Bersihkan dengan sabun cuci sebulan sekali
  • Bila tidak dipakai simpan batu ditempat yang tidak terlalu panas, agar tidak retak
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : bambang@caraunik.com
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...