Entri Populer

Asal Usul dan Ciri-Ciri Batu Merah Delima Asli


Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, memiliki batu merah delima adalah hal yang sangat luar biasa karena mustika mirah delima (Ruby) ini diyakini memiliki kesaktian yang salah satunya adalah kekebalan tubuh, pengobatan dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Ciri-Ciri Batu Merah Delima Asli: Bentuk dan Asal Usul

Mitos Batu Merah Delima yang sudah lama menyebar membuat banyak yang terbuai untuk memilikinya, akan tetapi tidak sedikit yang jadi korban karena mendapatkan mustika merah delima yang palsu.

Dibawah ini merupakan ulasan dari beberapa spritualis dan pengamat:


Bentuk Mustika Merah Delima (Ruby)




Pengamat militer dan Tosan Aji MT Arifin
Terdapat beberapa bentuk MD (Merah Delima). Kelereng konon memiliki kekuatan ghaib untuk keamanan dan kesehatan pemiliknya atau orang lain yang menggunakannya.



Bundar agak oval, model ini cocok buat urusan perdagangan atau manajemen.
Oval, cocok buat berbisnis.
Namun tidak semua orang dapat merawat batu yang bisa dijadikan khodam ini. Disamping itu harganya bisa mencapai milyaran. Itupun belum tentu asli.

Soelung Loedhaya, spritualis asal Bali.
Warna merah, ster putih 6, tanpa gelembung, mengkristal. Memiliki kekerasan 9. dan warnanya bisa bias sampai 21 gelas.

Ada dua bentuk, yaitu mirah delima batu aji dan mirah delima mustika. Kebanyakan yang diburu kolektor adalah yang mustika. Biasanya yang namanya mustika, itu berasal dari alam halus. Karena susah dicari, maka benda itu dipalsukan dengan diberi fosfor. Agar menyala didalam air.

RM Wisnu Agung Putra Diponegoro.
Batu Merah Delima di bagi 2.
Merah Delima yang terbuat dari Batu Kali. Di pasaran orang menyebut dengan Batu Merah Rubbi.
Merah Delima Asli. Artinya benar-benar memiliki kekuatan Ghaib.

Gus Simon, Spiritualis asal Surabaya.

  • Merah Delima bentuknya kecil, tidak besar-besar seukuran biji merah delima.
  • Merah Delima bisa memendarkan cahaya merah dengan radius sangat luas. Bisa memendarkan sampai empatpuluh gelas.
  • Kegunaannya pun multifungsi. Tetapi yg utama adalah untuk kharisma, kewibawaan, dan penarik rejeki. Sedang untuk efek kekebalan, hampir semua batu mustika bisa memberikan efek kekebalan, bila sebelumnya di asma’ dahulu. Jadi kalau ada orang yang menawarkan Batu Merah Delima dengan hanya menawarkan kekebalan saja itu berarti palsu.


Ciri-Ciri Batu Mustika Merah Delima Asli



Ciri-Ciri Batu Merah Delima Asli: Bentuk dan Asal Usul
  • Bentuknya kecil seukuran biji delima. Tidak besar. Kalau besar, dapat dipastikan palsu.
  • Warna merah tanpa gelembung dan mengkristal.
  • Taruh Merah Delima dalam segelas air. Rendam dalam segelas air. Jika bias menembus 7 gelas sampai 21 gelas dan tidak hilang dalam waktu satu bulan. Berarti asli. Sebab bisa saja penjual menggunakan fosfor. Jika direndam lama pasti kandunganya akan lemah.
  • Tembak rendaman gelas dg peluru. Jika gelas itu tdk pecah. Berarti asli. Bila menggunakan silet, perhatikan dua sisinya, sebab bisa saja satu bagian tumpul, satu bagian tajam.
  • Keaslian sebuah Batu Merah Delima juga terletak pada kekuatannya. Instansi yang berwenang untuk mengujinya biasanya memiliki alat untuk mengetahui kekuatan Batu Merah Delima. Kalau batu itu tidak pecah bila dipukul dengan kekuatan tertentu, bisa dijamin keasliannya.
  • Harga Batu Merah Delima yang asli sangat mahal, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Karena itu bila ada pedagang yang menjual batu permata jenis ini dengan harga hanya beberapa juta, maka patut dipertanyakan keasliannya.


Asal-Usul Mustika Batu Merah Delima

Batu Merah Delima adalah penjelmaan jin. Karena selain penangganan yg khusus, wadahnya pun harus khusus yg wujudnya mirip kepompong. Karena tanpa wadah itu, Merah Delima akan menghilang dg sendirinya. Kata MT Arifin.

Menurut Soelung Loedhaya, spritualis asal Bali.
Mustika Merah Delima bukan batu dari alam ghaib, tetapi batu yang mempunyai kekutan ghaib.

Menurut RM Wisnu Agung Putra Diponegoro
Mustika Merah Delima ini berasal dari buah delima berwarna merah. Tetapi buah ini sangat sulit didapati. Tidak semua biji delima merah bisa dijadikan Batu Merah Delima, yg bisa memiliki kekuatan ghaib. Karenanya untuk bisa mendapatkanya harus memilh.

Mustika Merah Delima asli ini hanya dimiliki oleh raja-raja jaman dahulu. Seperti Prabu air Langga, Gajahmada, dan Joko Tingkir. “Jadi kalau sekarang masih ada yang mengaku punya Mustika Merah Delima, berarti itu adalah batu mirah rubbi yg dikatakan Mustika Merah Delima”, Jelasnya.

Menurut Gus Simon, spiritualis asal Surabaya.
Mustika Merah Delima Berasal dari legenda Nabi Sulaiman, As. Yg mendapatkan batu langsung dari Allah SWT. Dan beliau berikan kepada seorang istri yang sangat di cintainya, Ratu Balqis. Namun karena tidak cocok, kemudian batu itu menghilang ketika beliau berlayar. Dari situlah banyak orang mencarinya. Sebab dipercaya dapat meningkatkan kewibawaan. Cara mendapatkanya pun tidak dengan jual beli. Tetapi Hibah.

Legenda dari pertambangan Mogok - Myanmar.
Tak jelas kapan tambang mogok ini ditemukan. Demikian tentang juga dengan Merah delima atau Batu Ruby. Tak banyak yang tahu. Namun berdasar legenda masyarakat setempat, penemuan batu mulia ini telah ada sejak jaman Budha berjalan di atas bumi.

Dikisahkan: dahulu Kawasan Mogok adalah kawasan hutan belantara dan dihuni oleh burung-burung liar. Ketika itu, seekor burung elang terbesar yang pernah hidup di bumi, tengah berburu makan. Setelah mendapatkan buruanya, daging langsung di cabik-cabik oleh kuku-kuku tajam elang. Bersamaan itu tercabik pula sebuah batu keramat besar yang berada di puncak bukit. Tak sadar, batu itu bercampur dengan darah dan bercampur daging dan ikut termakan. Karena tdk bisa menelan, batu itu dibuang bersama darah segar yang masih menyelimutinya. Itulah batu merah delima atau batu rubi pertama kali muncul di dunia.

Sejak itu, masyarakat Myanmar percaya, bahwa batu merah delima itu bisa ditemukan di sarang-sarang elang. Hal ini didasari oleh fakta bahwa, burung elang memang punya kebiasaan makan daging yang masih berdarah. Konon juga, sebenarnya batu itu adalah bukan batu, tapi benar-benar darah yang telah membatu. Itu sebabnya banyak orang percaya, bila batu ini dimasukan kedalam air, air itu akan berwarna merah.

Tapi seiring dengan berjalanya waktu, manusia tdk mungkin mengintip satu persatu sarang elang. Mereka sadar, bahwa batu itu adalah bongkahan yang terselimuti tanah dan lumpur. Eksplorasi besar besaran baru dilakukan pada abad ke-6 Masehi. Saat itu berhasil menemukan bongkahan batu merah delima atau batu ruby yang diyakini terbesar di dunia. Beratnya mencapai 32Kg.

Abad ke-15 dengan rakusnya bangsa barat menguasai desa Mogok, dengan (memanfaatkan kelemahan raja Burma. Meski telah mati-matian mencari, hingga sekarang belum pernah menemukan batu yang demikian besar untuk dibanggakan. Tak mengherankan bila batu ini mempunyai nilai jual yang selangit, karena tdk tersedia dlm jumlah besar dan sangat sulit mencarinya. Atau bahkan tidak ada sama sekali.

Ada 2 hal yang harus anda perhatikan jika ingin memiliki mustika batu merah delima ini, pertama, anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri batu merah delima yang asli seperti yang dijelaskan pada point diatas, kedua, tidak semua Mustika merah delima cocok dengan anda meskipun anda sanggup untuk membelinya.

4 Cara Unik Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu

Untuk mereka yg mau membeli batu dgn harga tinggi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya senang kepada warnanya, kemurniannya, modelnya, besarnya, langkanya, sternya (sinar yg bergerak-gerak di batunya), tetapi ada pula orang yg memakainya karena batunya dirasakan membawa rejeki/hoki, menyehatkan tubuhnya, menimbulkan rasa sayg dari orang lain, dan sebagainya.


Langkah Sederhana untuk Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu
Dari sekian banyak jenis batu permata yg diperjualbelikan, pasti ada saja yg mencoba mencari keuntungan tinggi dgn menjual batu permata palsu. “Terkadang sedikit sulit menbedakan batu permata asli dgn yg palsu.

Dibawah ini beberapa Langkah untuk Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu. Mutiara yg beredar di pasaran sangat beragam. Ada yg dijual murah, mahal, imitasi hingga asli. Mutiara asli pada umumnya, memiliki berat, sedangkan yg palsu relatif sangat ringan.

Untuk mendapatkan mutiara asli, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli atau agar lebih yakin lagi belilah mutiara di toko yg bisa dipercaya menjamin keasliannya.

Testing batu permata degan meneteskan air di permukaannya bukan metode baku. Tetesan air tersebut tdk akan pecah, baik pada batu permata mirah siam sintetis atau asli.

Faktor yg mempengaruhi di antaranya kekerasan batuan (kaitannya dgn porositas dan permeabilitas ), bentuk permukaan cembung atau rata dan kualitas pemolesan seperti jenis quartz family minerals serta glassy basalt yg dapat menahan tetesan air seperti halnya mirah delima.
Testing berlian bisa dilakukan dgn diamond tester tetapi tdk 100 persen benar. Testing dgn menggesek di alas berwarna belum tentu menjamin.

Warna-warna yg muncul mungkin warna spektrum yg merupakan ciri khas dari gelas atau sintetis. Testing berlian biasanya dgn metode kekerasan tapi tanpa merusak, indeks refraksi (refractometer), fluoresen, berat jenis, kilap, inklusi mineral dan lain-lainnya.

Cara ini sangat ampuh dalam membedakan batu permata asli dan sintetis atau imitasi seperti giok, opal atau kalimaya. Di samping pirus dan batu permata lainnya.

Harga mahal tdk menjamin bahwa batu permata tersebut asli, karena seUntukan batu permata belum ada standar baku untuk harganya kecuali berlian atau intan.

Untuk mengetahui batu permata Asli atau palsu ada berbagai macam cara, ada 4 Langkah Sederhana untuk Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu dilakukan.

1. Urat-urat alam yang tampak, 

yaitu ciri-ciri kusus yang tanpak pada batu permata misalnya urat seperti sidik jari pada safir atau Ruby, Penomena yang ada seperti cat eye pada Alexandrite serta star pada safir atau ruby. Gunakan kaca pembesar jika diperlukan.

2. Kekerasan batu Permata.

Batu permata telah diklasifikasikan berdasarkan kerasnya dalam skla Mohs. Cara pengujiannya dengan hardness point set pensil atau biasa disebut jarum uji permata.

3. Berat Jenisnya.

Setiap batu permata mempunyai berat jenis, Untuk menguji berat jenis batu gunakan timbangan air. Berat jenis adalah berat batu tersebut dibagi volumenya.

4. Indeks Bias atau Pemantulan Sinar.

Carilah indeks biasnya untuk menentukan keaslian batu permata, gunakan refraktometer.

Apa Itu Batu Obsidian

Batu Obsidian, batu ini terbentuk dari magma vulkanik dari letusan gunung merapi yang masuk ke dalam celah tanah dan mengeras. Ada juga yang menyebut Batu ini dengan istilah Magma Glass, memang merujuk pada tingkat kekerasannya yang hanya 5 s/d 5,5 pada skala Mohs, batu ini layak disebut sebagai kaca alami.
Hal ini dihasilkan ketika felsic lava dikeluarkan dari gunung berapi dingin dengan cepat dengan pertumbuhan kristal minimum. Obsidian umumnya ditemukan dalam margin lava mengalir rhyolitic dikenal sebagai arus obsidian, di mana komposisi kimia (kandungan silika tinggi) menginduksi viskositas tinggi dan derajat polimerisasi lava. Penghambatan difusi atom melalui lava sangat kental dan dipolimerisasi ini menjelaskan kurangnya pertumbuhan kristal. Obsidian keras dan rapuh, sehingga patah tulang dengan tepi yang sangat tajam, yang telah digunakan di masa lalu dalam memotong dan menusuk alat, dan telah digunakan secara eksperimental sebagai pisau bedah bedah.
Batu Obsidian bukanlah mineral murni, tapi mirip mineral,  karena sebagai mineral gelasnya tidak kristal , di samping itu , komposisi terlalu rumit untuk terdiri dari mineral tunggal . Hal ini kadang-kadang diklasifikasikan sebagai mineraloid a .  
Obsidian sebagian besar terdiri dari SiO2 ( silikon dioksida ) , biasanya 70 % atau lebih .
Batu Obsidian, terdiri dari beberapa warna, diantaranya hitam, merah, biru, hijau. Di indonesia sendiri batu Green Obsidian sering di sebut dengan Zamrud Kalimantan dan Batu Blue Obsidian sering di sebut sebagai King Sapphire kalimantan.

Mengenal Batu Chrysoberyl

Dalam bahasa Yunani, batu Chrysoberyl diartikan sebagai beryl yang berwarna emas. Chrysoberyl merupakan batu permata kualitas tinggi yang berasal dari Brazil, Madagascar dan Srilangka. Mengandung berilium dan juga alumunium oxida atau BeAl2O4. Ada juga beberapa jenis batu yang termasuk di dalamnya, yaitu Chrysobeyl Alexandrite dan Cat-eye. Keduanya mempunyai keunikan masing-masing dan mempunyai daya tarik yang luar biasa. Jika digunakan, dipercaya dapat melindungi pemakainya dari pengaruh negative. Batu ini juga menghasilkan keharmonisan, kedamaian dan dianggap sebagai barang keberuntungan. Chrysobeyl terbilang mempunyai nilai kekerasan yang sangat tinggi yaitu 8,5 scala Moch sehingga termasuk dalam 3 besar jenis batu permata yang paling keras.







Kegunaan atau manfaat
batu jenis chrysoberyl dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain melindungi pemiliknya dari ancaman bahaya, dapat merubah energi negative menjadi energi positive, memberi kedamaian dan keharmonisan dan digunakan sebagai barang keberuntungan.
Yang tergolong dalam batu jenis chrysoberyl adalah sebagai berikut:

Batu Mata Kucing

Batu mata kucing sangat bagus dan banyak diminati terutama pada kaum pria. Batu unik ini mempunyai satu sinar lurus di tengah yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri jika dilihat dari jauh seakan-akan seperti mata kucing. Batu mata kucing di Indonesia bermacam-macam namanya seperti biduri pandan wurung, benang sebelas, intan tetulas kendit dunyo. Namun patut di waspadai juga bahwa banyak batu mata kucing yang palsu yang ternyata batu tersebut adalah batu mata harimau yang berwarna madu.
Salah satu cara yang tepat untuk membersihkan batu ini yaitu dengan air sabun yang hangat dan menggunakan gosokan yang lembut.
Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan:
Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mata kucing dihubungkan dengan zodiac Gemini dan Leo.

Alexandrite

 

Alexandrite adalah batu chrysoberyl yang terdiri dari chromium, titanium dan besi. Batu alexandrite adalah salah satu batu yang paling langka karena pembuatan atau pembentukkan batu ini memerlukan kondisi geology yang unik, maka dari itu harganyapun amat mahal. Warna dari batu alexandrite ini dapat berubah-ubah tergantung waktunya, jika di siang hari batu ini berwarna hijau sedangkan kalau di malam hari terutama jika disoroti lampu maka warnanya akan menjadi merah keungu-unguan atau merah darah. Ini disebabkan batu ini memang pleochroisme.
Batu alexandrite mendapat namanya karena ditemukan pada hari ulang tahun Czar Alexander yang ke 16 dan dipersembahkan kepada Tsar Alexander II dari Rusia. Dan dari Rusialah biasanya batu-batu alexandrite yang bagus berasal. Batu ini juga dahulu dijadikan batu nasional para Tsarist di Rusia, adapun yang mengatakan warna bendera Rusia diambil dari batu ini yaitu hijau dan merah.
Keunikan dalam mengubah warna dari batu alexandrite, kelangkaan dari batu ini dan ditambah dengan kekerasannya yang tinggi membuat batu ini salah satu batu yang paling mahal harganya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...